Wajib Tau Pengertian Wasir itu apa, Jenis dan Tips Mengobatinya

Wasir itu apa? Wasir adalah penyakit yang berada di saluran anus karena terjadi pembengkakan. Jenis penyakit wasir ada 2 macam, yaitu wasir luar atau yang biasa disebut juga dengan wasir eksternal dan wasir dalam yang biasa disebut juga dengan wasir internal. Seperti apa perbedaannya? Berikut informasinya


Sejarah Penyakit Wasir


Menurut catatan sejarah Pada mulanya istilah wasir pertama sekali dinyatakan oleh orang Mesir. Awal istilah ini dinyatakan telah ditulis di dalam sebuah papirus pada sekitar tahun 1700 SM. Kemudian, Pada abad ke-11 , di negara Inggris memiliki catatan yang menunjukkan bukti bahwa telah dilakukan pembedahan untuk melakukan pengobatan wasir.

Pada saat ini, telah dikenal ada 2 jenis penyakit wasir, yaitu wasir Internal dan juga wasir eksternal. Wasir atau hemorrhoids dapat di kategorikan menjadi dua kelompok yaitu wasir internal dan wasir eksternal. Wasir internal adalah ketika wasir dimulai dari dalam saluran anus. Sementara wasir eksternal berasal dari daerah sekitar anus.

Wasir internal


Wasir internal yang terjadi tepat di atas jalur dentate, dimana pada daerah ini adalah daerah ano-rektal yang ditutupi dengan banyak lapisan ( epitel kolumnar ). Wasir internal menimbulkan rasa sakit di alam anus.

Pengobatan ambeien internal ini cukup sulit, karena dibutuhkan alat khusus untuk melihat kebagian dalam anus. Tahap awal dari wasir internal adalah dengan timbulnya rasa gatal-gatal di daerah anodermal . Namun, apabila Anda mengeluh karena timbul rasa nyeri kemungkinan besar Anda keliru mengenai penyakit Anda, kemungkinan besar Anda menderita wasir external.

Wasir Internal dapat dibagi menjadi 4 tingkat, yaitu:


Tingkat I: Wasir hanya berdarah saja, tetapi tidak keluar
Tingkat II: Wasir keluar dan bisa masukkan dengan sendirinya, baik berdarah atau tidak
Tingkat III: Wasir keluar dan harus ditolak kembali ke dalam dengan jari, baik berdarah atau tidak
Tingkat IV: Wasir keluar dan tidak dapat langsung dimasukkan kembali

Wasir eksternal


Wasir eksternal sering menyebabkan penderitanya merasa keliru untuk masalah ano-rektal lainnya. Orang berpikir bahwa mereka sudah memiliki wasir jika ada kesulitan buang air besar berhubungan dengan nyeri dan timbul darah ketika buang air besar, itu bisa menjadi sesuatu yang lain seperti kanker kolorektal atau kolitis. Sangat disarankan agar kita mencari informasi medis dari dokter yang berpengalaman sebelum mengambil keputusan tindakan pengobatan.

Tips Mengobati Wasir


Pengobatan wasir atau gangguan hemoroid yang terletak di saluran anus terdapat beberapa tips cara mengobati wasir. Adapun beberapa tips mengobati wasir tersebut adalah mengobati wasir dengan pengobatan alami, mengobati wasir dengan obat kimiawi, mengobati wasir dengan teknologi medis modern.

Mengobati Wasir Dengan Pengobatan Alami


Mengatasi wasir dalam, bisa dengan tanaman obat yang telah dipercaya dapat menyembuhkan gangguan hemorhoid. Tanaman obat untuk mengobati wasir sangat beragam seperti ekstrak pohon pagoda jepang, daun heundelum, lidah buaya, daun sirsak , daun jambu biji, kulit manggis dan lain sebagainya.

Salah satu obat alami/tradisional yang dikenal ampuh mengatasi masalah wasir adalah daun ungu. Daun ungu merupakan salah satu tanaman herbal alami yang dipercaya membantu mengatasi masalah wasir atau ambeien.

Bagian tanaman yang dijadikan obat adalah bagian daun, akar batang dan juga bunga daun ungu. Ramuan daun ungu untuk "mengobati ambeien" adalah dengan mengambil 15 helai daun ungu, sepotong jari kunyit, gula aren secukupnya kemudian direbus dengan menggunakan 4 gelas air sampai yang hanya tersisa adalah setengahnya saja. Kemudian saringlah, dan minumlah ramuan ini 2 kali dalam sehari, dan masing-masing diminum 1 gelas.

Mengobati Wasir Dengan Obat Kimiawi


Sedangkan mengobati wasir dengan obat kimiawi bisa dengan menggunakan obat-obatan wasir dari apotik seperti faktu suppos maupun salep, ultraproct N suppos, Ardium HD, anti hemoroid suppos dan lain sebagainya. Obat-obatan tersebut dikemas dalam beberapa bentuk untuk mengatasi wasir stadium 1 hingga wasir stadium 3. Obat apotik ini memang lebih cepat efeknya dibandingkan dengan obat ambeien alami, akan tetapi tidak untuk digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Mengobati Wasir Dengan Teknologi Medis Modern


Jika daun ungu merupakan obat alami yang dipercaya mampu mengobati wasir meskipun tak sebaik obat apotik. Sedangkan obat apotik ambeien tidak baik digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama, maka teknologi medis modern siap jadi solusinya. Saat ini terdapat salah satu metode modern yang terbukti ampuh menyembuhkan wasir hanya dalam waktu 15 menit. Semoga artikel mengenai Pengertian Wasir itu apa, Jenis dan Tips Mengobatinya bermanfaat, selamat mencoba.










Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel